Visi Misi

Dengan adanya berbagai rencana pembangunan strategis baik regional maupun nasional yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi  Jawa Tengah maupun Pemerintah Pusat menjadikan Kabupaten Boyolali umumnya dan masyarakat Desa Sruni khususnya akan mendapatkan berbagai limpahan manfaat yang besar melalui pembangunan–pembangunan strategis.

Memperhatikan proyeksi pembangunan seperti tersebut di atas maka Pemerintah  Desa Sruni perlu ekstra perhatian dalam menangkap peluang pembangunan  terutama dalam mengantisipasi dan menyikapi perubahan-perubahan yang muncul sebagai dampak dari pembangunan tersebut.

Berbagai permasalahan yang masih dihadapi oleh Desa Sruni terutama masih rentannya tingkat kemiskinan sebagai dampak dari internal maupun sebagai dampak global adalah merupakan tantangan kedepan yang perlu dipecahkan bersama melalui penyelenggaraan kepemerintahan yang berpihak kepada rakyat yang didukung keterlibatan dan partisipasi masyarakat dan seluruh stake-holder.

Berdasarkan beberapa pertimbangan tersebut di atas dan komitmen yang berkembang di masyarakat, Desa Sruni menetapkan visi Pembangunan Desa 2013-2018 yaitu ”TERWUJUDNYA KEHIDUPAN MASYARAKAT DESA SRUNI YANG  RELIGIUS, AMAN,  HARMONIS, MAJU, ADIL, DAN TERTIB (RAHMAT) . “ dengan misi :Sedangkan arah kebijakan pembangunan ditujukan untuk mewujudkan kulaitas sumberdaya manusia melalui peningkatan derajat kesehatan, peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan pemahaman dan pengamalan agama, pengendalian jumlah penduduk, peningkatan peran pemuda dan perempuan dalam pembangunan,  peningkatan kualitas tenaga kerja dan pengentasan bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial.

Mewujudkan perekonomian yang stabil melalui pengembangan pertanian, peningkatan nilai tambah produk pertanian, pengembangan produk unggulan.

Mewujudkan infrastruktur yang proporsional dan berkelanjutan melalui peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur transportasi, peningkatan kualitas dan kuantitas jaringan irigasi, peningkatan kualitas dan cakupan pelayanan air minum,  pengembangan perumahan.

Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui peningkatan kualitas aparatur pemerintah desa, dan peningkatan partisipas masyarakat dalam pembangunan.; Mewujudkan kelestarian lingkungan hidup melalui pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup.

Dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat sasaran pembangunan bukan hanya difokuskan pada pertumbuhan ekonomi, melainkan juga pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Dengan peningkatan kualitas SDM, diharapkan mampu mengelola potensi desa secara optimal, memenuhi tuntutan kebutuhan dan kemajuan pembangunan Desa Sruni serta mampu menempatkan manusia sebagai titik sentral, sehingga masyarakat bukan hanya sebagai obyek pembangunan tapi juga sebagai subyek yang mampu berperan aktif dalam semua proses kegiatan pembangunan.

461803kotakhitamid.jpg